9 Jenis Desain Grafis Berdasarkan Jobdesknya

 

9 Jenis Desain Grafis Berdasarkan Jobdesknya


Kamu pengen jadi desainer grafis, nah  Artikel ini mungkin cocok buat kamu. disini Kami akan ngasih tahu jenis-jenis  desain grafis yang wajib Kamu tahu. 


AMDTECK kali ini  akan ngebahas jenis-jenis   desain grafis yang wajib Kamu tahu berdasarkan  jobdesknya, Aku sebenarnya baru enam tahun sih   kurang lebih bergelut dibidang ini. Tapi nggak papa  lah ya kita sharing aja apa yang Aku tahu mungkin   yang Kamu tahu desainer grafis itu kerjanya kayak  bikin logo bikin poster. 



Ya, itu tetapi sebenarnya   banyak kok jenis-jenis desainer grafis yang  kita klasifikasikan berdasarkan Pekerjaannya,  ya walaupun software yang dipakai itu-itu aja, tapi  sebenarnya beda satu sama lain. 

Karena kalau kita   lihat dari pengertiannya Desain grafis adalah  sebuah proses perancangan medium komunikasi   secara visual yang melibatkan elemen bentuk,  fotografi, tipografi dan juga ilustrasi.



Nah, kalau designer grafis adalah komunikator visual  atau pemecah masalah untuk kebutuhan komunikasi   dalam bentuk visual, mereka mengkomunikasikan  ide dalam bentuk fisik ataupun digital.

Seorang   desainer grafis harus mampu membuat desain  yang bisa mengkomunikasikan secara visual dan   tepat sasaran yaitu, singkat, padat dan jelas dan  yang paling utama adalah menarik perhatian.

Mungkin kalau lihat poster rekruitmen dari suatu  perusahaan gitu dia lagi nyari designer grafis   terus pas dilihat klasifikasinya kok enggak cuma  bisa Photoshop Illustrator sama in design, ternyata   ada After Effects terus Sketch up, Adobe XD, terus  Dreamweaver bahkan software- software 3D gitu.



Nah   dari situ awas jangan sampai ketipu karena Emang  rekrutmennya yang lo lihat pada saat itu mungkin   belum spesifik pekerjaannya karena sebenarnya  dunia desain grafis itu ya luas banget gitu   dan kita enggak harus kok menguasai semua  software.


Oke, ya udah kita bahas jenis-jenis   desain grafis berdasarkan jobdesknya apa aja ya:


  • pertama desain grafis visual identity: Biasanya   kerjanya di agensi atau production house atau  bisa juga di suatu perusahaan, karena Emang ada   jobdesknya yang khusus buat ngejaga brandingan  dari sisi perusahaan itu sendiri. Nah software   yang biasanya dipakai itu ada Photoshop, terus  Corel, atau ilustrator. 


  • Nah yang kedua itu ada   desain grafis marketing: Mungkin Kamu pernah lihat  infografis atau desain konten buat Instagram, nah  disini tuh contoh-contoh apa yang dikerjain  sama designer grafis marketing Selain itu,  desain grafis marketing juga menyiapkan marketing  tools misalkan Power Point buat presentasi, terus  infografis yang tadi sama product knowledge  karyanya itu biasanya memadukan antara informasi  dan desain grafis software yang biasanya dipakai  yaitu Power Point, keynotes terus Illustrator, Corel, Photoshop bahkan ada After Effects sama  Premiere biasanya. 


  • yang ketiga adalah desain grafis periklanan: Ini sebenarnya mirip sama desain  grafis marketing, cuma kalau yang periklanan ini biasanya informasi yang disajikan tidak terlalu  banyak dalam sebuah desain lebih singkat padat dan jelas, biasanya yang dikerjain sama desain grafis  periklanan ini ada banner terus ada baligho, iklan, stiker mobil, sama iklan digital, dll. Software  yang dipakai itu biasanya ada Illustrator, Photoshop, software 3D sama after effects.  


  • Yang keempat ada desain grafis user interface:  Designer user interface Biasanya berfokus pada  desain-desain pada sebuah aplikasi, nah bedanya  desain UI dengan yang lain disini, ini biasanya  ada dua arah atau interaksi dari si pengguna aplikasi dan si aplikasinya itu sendiri yang  harus diperhatikan. Nah kerjaannya tuh Biasanya  ada mendesain si tombol terus kemudian menentukan  warna terus juga ada animasi bahkan dari interface  itu sendiri Kita harus memikirkan antaran bagus  dan menariknya. Nah software yang biasanya dipakai   yaitu ada flinto, principle, frame X Illustrator, Photoshop atau Adobe experience design atau XD.


  • Yang kelima yaitu desain grafis website: Sebenarnya  hampir sama sih sama UI cuma yang ini tuh fokusnya   lebih ke website seorang website desainer, sebenarnya selain memikirkan estetika juga  memikirkan kenyamanan pengunjung untuk situs  tersebut, nah kemudian software yang digunakan biasanya ada sketch up, Illustrator, Dreamweaver  WIX dan lain sebagainya.



  • Yang keenam desain publikasi: Desain grafis yang ini berfokus pada tata letak buku,  koran terus katalog dan lain sebagainya. Sekarang profesinya juga udah mulai beralih  yaitu ke bidang online, biasanya dikerjain ada  e-book terus ada juga laporan digital dan lain  sebagainya nah software yang biasa digunain ada  Adobe indesign, terus Illustrator, Photoshop  bahkan sampai ke Acrobat Reader desain grafis. Kemasan Biasanya berfokus pada pembuatan packaging  dari suatu produk dari mulai bentuk dan desain grafisnya, untuk software yang biasanya  digunakan Adobe Photoshop Illustrator atau   software-software 3D biasanya.


  • Untuk yang ke-7  ada desain grafis aparel: Nah untuk desain grafis  Aparel itu biasanya berfokus pada desain grafis yang  berbentuk printing misalnya membuat pattern atau   desain grafis yang akan digunakan untuk pembuatan  baju kemeja dan lain sebagainya. Prosesnya dari   mulai memilih bahan sampai hasil jadi cetakan. Untuk software-software yang digunakan biasanya  ada Photoshop, Illustrator, Acrobat Reader terus  ada Procreate, Fresco bahkan software software 3D.   


  • Delapan, motion grafik desain:  Berfokus pada grafis yang  bergerak. Kerjanya mesin grafis biasanya yaitu:  Membuat video promosi, iklan logo bergerak, terus  kemudian ada membuat presentasi terus ada juga   credit title untuk sebuah film atau video, untuk software-software yang digunakan biasanya   itu ada Illustrator, Photosho, After Effects  terus kemudian PowerPoint dan software software  3D terus kemudian juga ada Premiere Pro.


  • Untuk yang  terakhir yaitu yang ke-9 ada Environment Graphic Design: Untuk cabang desain grafis ini membuat  sebuah lokasi bisa menjadi lebih informatif   bahkan berkesan Wow! berkesan yaitu mempermudah  pengunjung berpindah dari satu tempat ke tempat   yang lain misalnya kayak ini terus ini, ini dan  ini Nah, untuk software yang digunakan biasanya   ada Photoshop, Illustrator dan software software  3D. 


Sekarang udah tahu kan 10 jenis desain grafis. kira-kira masih bingung enggak? mana yang  akan Kamu tekuni buat jadi pekerjaan kamu kedepannya?   

Semoga membantu ya! jangan lupa buat  share Artikel ini ke orang-orang yang skillnya butuh informasi ini. 

Itu Adalah Artikel Tentang 10 Jenis Desain Grafis Berdasarkan Jobdesknya, semoga bermanfaat.



                  Dampak teknologi digital bagi masyarakat

Comments

Popular Posts